Pages

Nov 19, 2014

[TECH] MANDIRI MOBILE APPS

Haluuuuu :P
http://eemoticons.net

Jadi gini, kadang bosen juga dong yah bikin post tentang beauty terus :P haha. Butuh something anti-mainstream post kadang kadang :P wkwk. Tau kan kalo blog ku ini post nya terdiri dari 4 kategori, yg selalu aku kategoriin di judul. Setiap post, judulnya bagian depan aku kasih kata dalam kurung antara lain, BEAUTY, FOOD, TECH, dan LIFE. Nah itu adalah kategori post nya, biar lebih gampang nyarinya, aku kasih juga label nya XD haha. Aku emang orangnya kudu rapi masalah ginian wkwk.

Back to topic, jaman sekarang, dengan makin maraknya online shop, kita jadi bener bener dimudahin dong ya sebagai buyer (gue seller juga sih, seller preloved wkwkwk). Nggak perlu kemana mana, cukup tiduran sambil browsing aja bisa beli berbagai macam barang haha. Inilah kenapa dunia perbankan juga jadi salah satu hal yg penting. Gimana enggak? Segala macem transaksi di online shop lewat bank, kalo nggak berkembang dengan baik dan pesat, online shop nggak jalan kan?

WARNING!! POST INI MURNI PENDAPAT PRIBADI, ENGGAK ADA AFILIASI SAMA SEGALA MACEM PRODUK ATO MERK YG DISEBUTIN, JUGA NGGAK DIBAYAR BUAT BIKIN INI!!!

Emm, beberapa bulan yg lalu, aku bikin akun di salah satu bank, sebut saja Mawar XD hahahaha. Sebelum sebelumnya aku ada sih akun di bank, cuman jarang pake soalnya emang belom kenal online shop :P haha, dan dulu lebih suka pegang duit daripada kartu, sampe receh nya bertebaran dimana mana haha. Kalo sekarang pengennya semua toko, resto, bahkan tempat parkir ada e-mOney nya :P haha biar nggak perlu receh bertebaran lagi wkwk. Udah males bawa duit cash, cuman repot juga kalo mau jajan gudeg apa nasi liwet pinggir jalan, mereka ga sediain mesin gesek :P wkwkwkw di saat itulah dompet pacar ato orang tua bekerja XD haha.

Makin kesini, makin addict sama online shopping, oke ini nggak baik sih sebenernya, bikin yg awalnya "pengeluaran tak terduga" nya di bawah IDR 100.000 sekarang jadi di atas IDR 500.000 :| itu baru yg tak terduga yah, yg udah diduga bisa lebih -_____- hiks. Aku ini anak akuntansi, jadi segala pengeluaran ato pemasukan pribadi aku catet di buku. Bahkan bayar parkir aja dicatet :P haha keterlaluan itungannya. Nah dari online shop ini jadi sadar kalo cepat ato lambatnya respon, selain dari seller nya yg mungkin sibuk, juga dari bank nya. Bayangin kalo udah niat bener mau beli, cuman karena tabungan nggak ada isinya ato nggak punya rekening, mesti ke bank buat transfer tunai. Iya kalo sempet ke bank, kalo engga, barang yg udah kita booking jadi dikasih ke orang lain deh, dan kita sebagai buyer di cap hit and run hmmm. Intinya adalah, transaksi di bank ini super berpengaruh dan juga harus real time, kalo suka error juga ngeselin kan. Kitanya udah transfer sekarang, udah ada buktinya, tapi gegara error jadinya duit masuk ke seller telat, dikira boong kitanya -____- suseeehhh haha.

Buka akun di bank kemaren juga bener bener mikirin plus minus dari bank. Pertama yg paling penting kalo buat aku sih bank nya mesti yg kebanyakan seller juga punya :P haha biar nggak kena charge pas transfer. Juga bank itu sendiri punya banyak cabang dan buka akun nya nggak perlu syarat yg ribet. Ada kan beberapa bank yg kudu pake ini lah itu lah, ending nya gagal buka akun gegara hal sepele. Pernah rasain? Terakhir, bank ini harus jarang error dan punya banyak kemudahan. Ketemulah si bank Mawardiri ini XD hahaha.

Di post ini aku bakal kasih satu kemudahan buat kalian yg juga punya akun di bank ini. Emm kemudahan?? Maksudnya satu layanan bank ini yg cucok bingits :P hahaha dan aku bakal kasih tau. Buat kalian pengguna smartphone yg OS nya Blackberry, iOS, sama Android harusnya nggak asing lagi sama app yg satu ini. Kalo nggak punya smartphone yaudah sih berdoa aja biar ada yg ngasih gratisan :P haha. Review app kali ini, lagi lagi khusus buat Android user yah, yg pake BB ke laut gih cari kerang, yg pake iOS ke gunung gih cari lava XD wkwkwkwkwk.

Aplikasi "mandiri mobile" ini bisa di dapet di market app yg ada di OS BB, iOS, dan Android secara free, alias app ini gratis di donlod. Emm aku kurang tau sih app ini bisa berjalan di Android versi berapa aja, yg jelas pake ICS masih bisa kok, apalagi JB kan?? :P haha. App ini ukurannya nggak gede, enteng, dan simple. Yg ada di Android ini tampilannya adaptasi iOS banget -____- haha. Gak papa sih icon pack ku juga kotak semua :P haha. Buat penjelasannya ada di bawah gambar yah, biar nggak bingung bacanya XD haha. Opening nya kebanyakan nih haha. Aplikasi ini bisa jalan saat kalian udah aktifin sms banking pas di CS bank yah, soalnya perintah terakhir harus masukin pin sms banking. Internet banking nggak butuh sih, soalnya username sama password internet banking nya cuman buat buka akun di www.bankmandiri.co.id aja. Kalo password app ini cuman buat buka app nya, jadi bisa dibikin langsung sesudah install app nya :D gampang kan. Jadi intinya ini versi super sederhana dari web nya, jadi mudah banget cara pakenya, dan juga real time kok kalo udah online :3 haha.

Aplikasi nya udah terinstall manis di henpon :P cieee yg pake Path lagi :P haha

Menu awal kalo masuk ke "mandiri mobile" app, simple banget kan, dan iOS bingits :|

Menunya total ada 5 yah, atm & branch (buat ngasih peta di mana aja kalian bisa nemuin atm ato cabang terdekat Bank Mandiri), rates (buat mengetahui tingkat suku bunga saat ini, cuman biasanya disuruh langsung ke cabang buat nanya), call 14000 (buat customer service), demo (buat coba coba cara make aplikasinya tanpa resiko salah pencet dan bikin kehilangan duit XD haha), dan setting (buat nge set tampilan app nya)

All about this application

Yg mau pake avatar buat aplikasi nya, bisa banget haha, tinggal pencet di fotonya dan pilih mau ambil dari galery ato foto sendiri

Menu setting cuman buat ubah tampilan menu utama doang sama bahasanya :D

Buat semua tutorial aku masukin dari menu demo yah, nggak beda sama kalo real transaction kok, biar secure aja :P haha

Menu pertama, favoritku, di dalemnya ada kumpulan transaksi favorit, misal beli pulsa, kalo besoknya mau beli pulsa buat nomor yg sama, tinggal masuk ke menu ini tanpa harus masukin ulang nomor, gitu juga kalo mau transfer. Aku biasanya favoritin nomor hp sama nomor rekening seller langganan XD haha. Kalo mau dihapus bisa juga langsung pencet edit dan hapus yg dipengenin, simple banget kan? :P

Menu kedua, account information, fungsinya buat ngeliat sisa saldo sama 5 transaksi terakhir yg terjadi, jadi nggak perlu deh ke atm buat ngecek saldo, ato ngecek ada transferan masuk :P guampang kan???

Menu ketiga, fund transfer, ini gunanya buat transfer duit, ke berbagai macem layanan yg kamu pengenin, bisa transfer ke sesama bank, clearing (kliring), RTGS, sama online. Sorry aku nggak pernah coba selain ke sesama bank, jadi lainnya gatau XD haha. Kalo mau transfer ke sesama, tinggal masukin no rek kamu yg udah terdaftar di aplikasi, terus masukin no rek tujuan, nominal, sama remarks (optional). Kalo udah, step terakhir adalah masukin 6 digit pin sms banking kamu, jadi pastiin kamu udah aktifin sms banking buat pake aplikasi ini yah.

Menu keempat, purchase, di sini sih baru tersedia buat beli pulsa GSM dan CDMA aja. Untuk yg GSM, ada beberapa provider yg udah bisa beli pulsa lewat aplikasi ini, liat aja di gambar yah. Buat minimal nominal nya juga beda beda sih, cuman rata rata paling murah IDR 25.000. Kalo mau beli pulsa IDR 5.000 mending ke konter deh :P haha.

Kalo buat CDMA, ada 4 provider yg udah bisa beli pulsa lewat ini, tinggal klik, klik, done :P haha. Buat purchase, perintah terakhir juga masukin pin sms banking.

Menu kelima, payment, ini buat bayar bayar tagihan, buanyak pilihannya, kalo aku sih cuman pake yg electricity (PLN) haha.

Menu terakhir, admin, ini di dalamnya ada 3 sub menu. Yg pertama ada inbox, isinya segala macam transaksi yg udah kita lakuin lewat aplikasi ini, cuman transaksi yg udah terjadi di aplikasi ini aja yah, di luar itu butuh buku tabungan buat liat secara rinci :P haha.

Kedua, ada transfer list, yg isinya adalah daftar nomor rekening orang lain yg udah pernah kita transfer, jadi kalo besoknya mau transfer ke no rek yg sama, tinggal cari disini, ato bisa juga di favoritin, kayak di atas tadi.

Terakhir, ada change pin sms banking, gunanya buat ganti pin tanpa harus lewat sms. Enakan lewat ini sih, lewat sms kena biaya haha.

Nah ini real account ku, aku mau kasih liat indikator bulet di pojok kanan atas. Jadi kalo awal kita login, bakalan ada indikator bulet warna orange, artinya lagi proses mau online. Sebelum berubah ke ijo, nggak bakal bisa dipake buat cek saldo, transfer, dll. Pastiin indikator berwarna hijau dulu baru bisa online. Pastiin saat udah selesai melakukan transaksi langsung logout yah. Aku aja sampe kasih app lock buat aplikasi penting, takut dipake sembarang orang, walau jarang berbagi HP juga sih XD haha. Buat secure nggak ada salahnya kan???

Itu beberapa capture nya aku ambil dari demo aja yah, biar secure :P haha. Cuman di gambar terakhir yg asli dari akun ku, buat nunjukin indikator :3 haha. Kadang ngeselin saat koneksi internet nya lagi nggak bagus -____- abis oren, terus malah balik abu abu dan disuruh login ulang grrrr. Jadi pastiin pake provider yg nggak erroran yah :P haha.

Nah satu kemudahan lagi udah didapetin kan :3 haha. Kayak gini gimana enggak boros, tinggal pencet doang bisa beli macem macem TT____TT hiks. Oya aku bikin review app ini soalnya nggak punya app lain huwaaaaa. Henpon nya mau di flash, soalnya custom rom nya erroran melulu, apa apa force close bikin emosi -___- kwkwk minta ganti Z1 Compact kayaknya :3 haha. Sebelum di flash, bisa lah di review dulu, mumpung notif bar nya juga masih pink :P haha. Kalo udah di flash nggak pengen di root lagi sih, pengen di standarin aja TT__TT biar navig nya bisa accure wkwkwk. See ya~

Bye~
http://eemoticons.net

2 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.